Beberapa Penyebab Mouse Wireless Tidak Berfungsi

Penyebab Mouse Wireless Tidak Berfungsi


Saat ini, penggunaan mouse sudah semakin berkembang. Salah satu bukti perkembangan dari mouse ini adalah dengan berkembangnya sistem mouse wireless atau tanpa kabel. Kebanyakan, sistem mouse wireless menggunakan konektivitas Bluetooth atau infra red, sehingga mouse dapat bekerja tanpa menggunakan kabel. Akan tetapi, ternyata mouse wireless ini juga rentan mengalami gangguan, salah satunya adalah tidak berfungsinya mouse ketika digunakan. Fungsi mouse yang merupakan salah satu dari perangkat keras komputer yang memiliki peran penting dalam jalannya sebuah komputer ini sangatlah dibutuhkan user, oleh karenanya keberadaan mouse semakin mengalami perubahan yang memudahkan user dalam penggunaannya.

Mouse Wireless

Mouse yang tidak berfungsi ketika akan digunakan ini memiliki beberapa sumber penyebab utama. Penyebab utamanya mungkin memang simple dan sederhana, namun ternyata efeknya dapat menyebabkan mouse anda menjadi tidak dapat berfungsi dengan optimal dan normal.

Berikut ini adalah beberapa penyebab mouse tidak berfungsi :
  1. Receiver Bluetooth pada mouse rusak

    Penyebab pertama yang paling logis dan paling sering terjadi adalah karena receiver Bluetooth dari mouse wireless tersebut mengalam kerusakan. Ya, seperti kita ketahui, mouse wireless kebanyakan menggunakan konektivitas Bluetooth dalam bekerja, sehingga mouse dapat bergerak kemanapun yang diinginkan user tanpa menggunakan kabel. Dalam proses transmisinya, mouse wireless akan mengirimkan sinyal kepada receiver bluetooh atau juga receiver infra merah yang digunakan, untuk memberikan perintah menggerakkan kursor.

    Dalam beberapa kasus, memang receiver yang dimiliki oleh mouse tersebut memiliki kualitas yang tidak bagus, sehingga seringkali tidak berfungsi karena kerusakan receiver.

    Sayangnya, apabila memang kerusakan terjadi pada perangkat receiver mouse tersebut, akan sulit untuk diperbaiki. Saran terbaik adalah dengan cara membeli mouse wireless yang baru.

  2. Baterai habis

    Nah, ini juga merupakan salah satu penyebab mouse wireless tidak berfungsi yang sering kita temui. Mouse wireless bekerja dengan menggunakan bantuan baterai, sehingga dapat memberikan sinyal dan menjadi transmitter kepada Bluetooth dongle (receiver). Namun demikian, terkadang kita tidak menyadari, bahwa baterai di dalam mouse kita sudah habis kapasitasnya. Anda mungkin akan kesal karena mouse tidak dapat bekerja dan tidak berfungsi.

    Cara terbaik, tentu saja adalah dengan mengganti dengan battery yang baru. Ingat, baterai yang baru, karena apabila menggunakan baterai bekas ataupun batere yang sudah dijemur, hal ini tidak akan banyak membantu, karena batere tersebut sudah memilki voltase yang lemah, dan tidak mampu untuk mengirimkan sinyal.

  3. Kerusakan pada tombol dan transmitter di dalam mouse

    Penyebab mouse wireless tidak berfungsi berikutnya terletak pada kerusakan hardware mouse itu sendiri. Ya, terkadang memang hardware mouse mengalami kerusakan, mulai dari laser yang rusak, tombol klik yang rusak, bahkan kemungkinan kerusakan juga terjadi pada transmitter mouse wireless tersebut, sehingga mouse tersebut tidak mampu mengirimkan sinyal, meskipun sudah menggunakan batere baru.

    Solusi untuk mencegah hal ini adalah merawat mouse anda agar tidak cepat mengalami kerusakan hardware seperti itu. Apabila kerusakan sudah terjadi, maka mau tidak mau anda harus mengganti mouse wireless anda dengan mouse yang baru.

  4. Driver USB yang mengalami masalah atau belum terinstall dengan baik

    Sekali lagi, salah satu hal yang dapat menjadi penyebab perangkat keras yang tidak mau berfungsi, dimana salah satunya adalah mouse wireless yaotu driver USB. Mouse wirelss menggunakan port USB untuk dapat menerima sinyal yang dikirmkan oleh transmitter. Apabila ketika ditancapkan, mouse tidak dapat berfungsi, maka kemungkinannya adalah dirver dari port USB di komputer anda mengalami masalah, entah crash, corrupt, ataupun tidak terinstall dengan baik, hingga versi yang sudah jadul.

  5. Cara mengeceknya, anda bisa membuka langkah-langkah berikut :
    • Klik kanan pada my computer.
    • Pilih properties, lalu pada kolom sebelah kiri, pilih device manager.
    • Cek pada bagian Universal Serial Bus Controller, apakah terdapat tanda seru berwarna kuning atau tidak.
    • Apabila iya, berarti driver USB anda mengalami masalah.
    • Untuk memperbaikinya, anda dapat melakukan install ulang driver, atau melakukan proses update pada driver USB tersebut.

  6. Mouse terjatuh, terbanting, dan pecah

    Merupakan salah satu penyebab paling sering terjadi pada mouse wireless. Mouse wireless yang terjatuh biasanya memang tidak terlihat mengalami kerusakan hardware. Akan tetapi, efeknya akan terasa ketika anda akan menggunakan mouse tersebut. Mousse wireless yang terjatuh dengan keras, biasanya akan menimbulkan gejala lambat dan tidak responsive. Pada akhirnya, mouse tersebut tidak akan bisa berfungsi sama sekali.

    Solusinya tentu saja hanya satu, yaitu mengganti mouse wireless anda itu dengan yang baru, karena pada dasarnya, mouse memiliki harga yang cenderung murah, sehingga jarang sekali ada orang yang menerima service mouse.

  7. Kualitas mouse yang tidak bagus

    Penyebab lainnya dari masalah mouse yang tidak berfungsi adalah karena masalah kualitas mouse yang kurang baik. Memang beberapa mouse memiliki harga yang murah, namun demikian, hal ini malahan menyebabkan kualitas dari mouse itu menurun, sehingga dalam beberapa waktu saja, mouse tersebut malah tidak dapat melaksanakan tugasnya dengan baik, dan akhirnya hanya menjadi bangkai saja di rumah anda.